Transportasi publik impian pengganti bajaj

17.41.00

Transportasi publik impian pengganti bajaj - Sebelumnya saya akan membahas tentang bajaj terlebih dahulu. Bajaj atau "ba-jai" dalam lafal indonesia merupakan alat transportasi publik bermotor dan beroda tiga yang banyak digunakan diJakarta , Banjarmasin dan Pekanbaru. Sedangkan untuk di jakarta sendiri bajaj hadir sejak tahun 1970 an.

Bajaj berasal dari India , dan nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India , Bajaj Auto. Fisik Bajaj beroda tiga, satu di depan dan dua di belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda motor daripada kemudi mobil.

Dengan suara bising mesin 2 tak nya, bajaj sampai sekarang masih berkeliaran di jakarta menyelinap diantara padatnya lalu lintas kota jakarta. Akankah suatu saat semua bajaj bernasib seperti gambar di bawah ini ?

Ya..sudah saatnya pemerintah memikirkan alat transportasi pengganti bajay. Berikut ini adalah daftar alat transportasi publik impian sebagai pengganti keberadaan bajaj yang ada di indonesia. Let's see.

1. Z Bee.
Z Bee adalah kendaraan roda tiga bertenaga listrik buatan Swedia yang di produksi oleh Clean Motion.
-Topspeed 45 km/jam.
-Daya jelajah (full bat to low bat) = 50 km.

2. KTM E3W.
KTM E3W ini diproduksi oleh KTM Austria. Bertenaga listrik yang menghasilkan 20 daya kuda (HP). Menggunakan baterai lithium-ion yang dapat menempuh 100 kilometer dengan catatan kondisi baterai terisi penuh.

3. Semut Hybrid.
Semut hybrid ini bermesin 2 silinder 340 cc bertenaga 13 dk dan memakai bahan bakar gas atau BBM (dual fuel) sebagai generator. Selain itu, ada pula baterai 12V , 48Volt-24AH Accu atau LiPO4. Kedua sumber tenaga dipakai untuk menggerakan dua unit motor listrik yang masing-masing bertenaga 10kW. Desainernya mengklaim, konsumsi BBM Semut sangat rendah, yakni 90 km/liter.

4. EV Tricycle.
EV Tricycle diproduksi oleh Terra Motors Corporation (Terra), perusahaan kendaraan elektrik berbasis di Tokyo, Jepang. Kendaraan ini mampu menjelajah sejauh 50 km dalam kecepatan 50 km/jam.

5.Tilter.
Kendaraan yang didesain untuk kalangan urban ini diproduksi oleh perusahaan Prancis SynergEthic SA dan hanya bisa menampung 2 penumpang saja (depan dan belakang). Dengan baterainya, tilter dapat menempuh jarak 120 km. Sedangkan kecepatan maksimal 110 km/jam.

6.Carver One.
Bukan mobil, bukan pula motor, tapi Carver One. Kendaraan roda tiga yang diproduksi oleh perusahaan asal Belanda, Carver Europe.Sistem kemudi Carver menggunakan sistem kemudi mobil pada umumnya, namun ketika membelok bodi belakang Carver One akan bergerak ke samping seperti halnya sepeda motor.Sistem self balancing ini terjadi berkat sistem mechanical-hydraulic Dynamic Vehicle Control (DVC) yang secara otomatis bergerak miring sesuai kondisi jalan dan kecepatan. Kendaraan yang bisa dipakai untuk 2 orang ini memiliki mesin 4 silinder 16 valve turbo intercooler dengan kapasitas 659 cc yang bisa berlari hingga 185 km per jam. Dengan konsumsi bahan bakar sekitar 6 liter untuk 100 km.

7. T-Rex 16S Motors.
T-Rex 16S Motors memakai mesin BMW 1.649 dengan system kecepatan enam silinder, dimana Mesin ini mampu menghasilkan 160 tenaga kuda pada 7.750 rpm dan 129 pound-feet torsi pada 5.250 rpm.

8. Ventura one.
Mobil ini bernama "Ventura One" dan dikembangkan untuk 2 penumpang Energi yang digunakan dari hibrid baterai dan bensin. Kendaraan ini didesain dan dirakit di California  dengan pasaran utamanya untuk Eropa.

9.  VE Veeco RT.
Adalah sebuah mobil roda tiga yang diperkenalkan oleh perusahaan otomotif asal Portugal. Tenaga penggerak mobil ini berasal dari motor listrik yang disokong baterai berkekuatan 16kWh atau 48kWh. VE Veeco RT mampu berlari hingga jangkauan 125 miles (201 km) untuk baterai 16kWh dan 250 miles (402 km) untuk baterai 48kWh. Kecepatan maksimum yang mampu dicapai mobil roda tiga ini adalah 161 km/jam dengan akselerasi 0-96.56 km/jam dalam waktu 8 detik. Baca juga postingan saya yang lainnya yaitu mengenai BMW C Evolution Skuter Matic Tenaga Baterai .

10. Toyota i Road.
Toyota menghadirkan kendaraan listrik 3 roda, i-Road.Ruang kabin menampung 2 penumpang dan duduknya pun model baris (depan-belakang). Sumber tenaga berasal dari 2 motor listrik yang menggerakkan roda depan dengan tenaga masing-masing 2,7 PS. Menggunakan baterai lithium-ion yang dalam kondisi  penuh dapat menempuh 48 km. Proses pengisian ulang dari kosong hingga penuh butuh 3 jam.

Semua kendaraan roda tiga yang ada diatas adalah merupakan transportasi publik impian pengganti bajaj yang keberadaannya sangat dinantikan oleh warga jakarta.

Disunting dari berbagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon