Perbedaan sepeda motor standar dengan superbike

06.27.00


Apakah perbedaan antara motor standar dengan superbike ? Mari kita cari tahu apa yang sebenarnya membuat perbedaan antara kedua sepeda motor ini yang berspesies sama tetapi dengan genre yang berbeda.

Pada dasarnya Superbike adalah versi yang dioptimalkan dari sepeda motor standar yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, akselerasi, pengereman, dan manuver di jalan beraspal. Dan pengoptimalan ini mengorbankan kenyamanan dan ekonomi (bbm) bila dibandingkan dengan sepeda motor standar.

Pada tahun 1959, Honda menulis tentang  CB92 Benly Super Sport , sepeda motor dengan kapasitas mesin 125cc,"Yang terpenting dari sepeda motor yaitu kecepatan dan sensasi".

kemampuan menikung superbike perlu keterampilan dan penanganan yang hati-hati. Kecepatan akselerasi dan daya pengereman di jalan adalah satu hal yang perlu dikuasai agar lebih aman.

Superbike pertama yang berevolusi dari sepeda motor biasa adalah Honda CB750 tahun 1969 yang dipompa lebih banyak power dan kecepatan dari sepeda motor standar.

Motor ini juga adalah motor sport yang paling terjangkau harganya yang tersedia pada saat itu. Dalam tahun-tahun mendatang setelah peluncurannya, Honda CB750 kemudian ditingkatkan dengan lebih mempercepat suspensi dan pengereman dengan inline empat.

Tahun 80-an sepeda motor lebih berevolusi. Motor sport mengambil lompatan lain dan yang besar pada saat itu. Sejak tahun 90an keragaman besar mulai terlihat di arena balap dengan munculnya sepeda motor variasi baru.

elemen desain
Motor sport selalu mengutamakan kecepatan, akselerasi, pengereman, dan manuver karena ini adalah hal-hal dasar dibuatnya Superbike. Superbike di desain sedemikian rupa seperti fitur pengendara contohnya pada pijakan kaki yang lebih tinggi sehingga lutut sedikit lebih dekat ke tubuh tetapi tetap dijaga agar satu set lebih rendah dari kontrol tangan seperti setang. Ini juga memungkinkan berat tubuh bersandar ke depan atau ke tangki.

Mesin & Body
Dapat dilihat bahwa secara umum, motor sport memiliki relatif mesin performa tinggi ditempatkan dalam kerangka ringan mereka yang benar-benar membantu dalam akselerasi gesit dan cepat. Dan bahan ringan ini membuat biaya menjadi begitu tinggi karena fitur teknologi tinggi dan bahan mahal yang sering digunakan untuk mengurangi berat motor.Tentu saja superbike juga mengutamakan kenyamanan. Letak mesin dan bagian berat lainnya menentukan geometri sepeda, geometri ini membantu menjaga keseimbangan, kekakuan dan integritas struktural. Dan semua ini ditentukan oleh pengereman, manuver dan akselerasi. Ini adalah salah satu perbedaan yang paling penting antara sepeda motor standar dengan superbike.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon