Efek atau dampak negatif penggunaan komputer

19.44.00

Dari dulu sampai sekarang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berjalan dengan cepat diiringi dengan efek negatif / dampak negatif  yang menyertainya di samping efek positifnya. Dewasa ini orang sering berkutat dengan layar komputer atau laptop entah untuk melakukan pekerjaan, tugas kuliah, bermain game atau menghabiskan waktu dengan browsing atau chatting. Yang pasti jika sudah berurusan dengan laptop atau komputer kita pasti betah dan sulit untuk melepaskannya. Bahkan kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Khususnya bagi para pegawai kantoran yang harus bekerjaselama kurang lebih 8 jam per hari di depan komputer atau laptop.


Penggunaan komputer tanpa diiringi dengan pengaturan waktu yang baik dan juga antisipasinya tentu saja dapat menimbulkan efek negatif dalam jangka pendek atau jangka panjang.


1. Efek negatif penggunaan komputer yang pertama adalah gangguan pada kesehatan. Meliputi :

1.Mata
Komputerisasi dan gadget dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama.Gejala CVS bisa meliputi sebagai berikut:*.Mata merah, pedih dan berair*.Mata kering*.Mata terasa lelah*.Kelopak mata atau dahi terasa berat*.Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)*.Rasa sakit pada bahuSelain mengalami CVS, sering bekerja di depan komputer juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

2.Kerutan pada dahi
Terkadang kita terlalu serius sampai mengernyitkan dahi atau memicingkan mata.Ternyata ekspresi serius tersebut bisa memunculkan garis – garis halus pada wajah terutama di area sekitar mata dan antara kedua alis. Sehingga menimbulkan kerutan – kerutan yang membuat wajah kita jadi terlihat lebih tua.

3.Sakit pada leher,punggung dan persendian
Hal ini dikarenakan kita terlalu lama duduk diam pada posisi yang sama atau bahkan sampai menunduk ke arah monitor. Posisi duduk yang buruk tersebut mempengaruhi kesehatan leher dan punggung kita, bahkan dalam jangka panjang jika terbiasa duduk dengan cara seperti itu, bisa membuat tubuh kita bungkuk .


2. Efek negatif yang kedua adalah terjadinya sifat malas pada diri kita.

Sifat malas ini di timbulkan akibat seringnya anda bermain komputer, merasa nyaman dan merasa bahwa semua aktifitas dapat di lakukan dengan komputer. pandangan ini sangatlah salah karena selain merugikan anda sendiri, waktu  anda sangat terbuang sia-sia. Anak remaja dan anak kecil sekarang sudah dapat menggunakan komputer sebagai sarana hiburan terutama bermain game. permainan game yang membuat anak merasa senang , akan menimbulkan maniak pada dirinya, malas belajar, malas membantu orang tua tentu akan terjadi padanya. di sini peranan orangtualah yang sangat dibutuhkan.


3. Efek negatif pada penggunaan komputer yang ketiga yaitu menimbulkan sifat negatif pada diri kita.

Sifat negatif dapat terjadi seiring dengan perkembangan zaman, berbagai alat canggih yang memudahkan kita untuk mengakses hal-hal yang cenderung mengarah pada hal yang negatif, salah satunya adalah komputer atau laptop dan penggunaan akses internet. Dengan mudahnya kita mengakses hal-hal yang berbau sex, p*rno, judi dan pencurian. Bagaimana jika penggunanya adalah anak-anak...? Dikhawatirkan efek negatif atau dampak negatif lah yang mereka dapat kecuali ketika dalam penggunaan komputer nya ada pengawasan dari orangtua.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon