Operator seluler 4G di karawang

11.14.00






Bagi pemilik perangkat handphone atau yang sejenisnya yang support jaringan 4G, untuk saat ini belum bisa menikmati layanan 4G nya diwilayah karawang, jawa barat. Tetapi jangan berkecil hati karena layanan 4G ini tetap bisa dinikmati diwilayah karawang bila menggunakan perangkat dari operator seluler smartfren.

Ya..hanya smartfren yang telah terlebih dahulu memperluas layanan jaringan 4G nya diwilayah karawang. Sedangkan operator seluler lain seperti misalnya telkomsel, layanan 4G nya baru sampai wilayah bekasi.

Tetapi lain halnya bila berada di jakarta, kita bisa mendapatkan layanan 4G ini dengan berbagai macam jenis operator seluler. Tentu saja jakarta diprioritaskan, namanya juga ibukota yang merupakan pusat pemerintahan dan juga pusat bisnis diindonesia.

10 tahun yang lalu jaringan 3G mulai kita nikmati dan era baru muncul dengan hadirnya  jaringan 4G LTE ( Long Term Evolution ). 4G adalah merupakan generasi ke empat dari perkembangan teknologi telepon genggam yang memberikan layanan berkualitas tinggi dan juga kecepatan transfer data yang tinggi.

Berikut ini adalah urutan perkembangan dari jaringan seluler yaitu GPRS (2.5G), EDGE (2.75G), UMTS/EVDO/W-CDMA (3G), HSPA/HSDPA (3.5G), dan 4G.

Untuk kecepatan jaringan 4G ini juga berbeda-beda tergantung operatornya itu sendiri seperti smartfren yang mengklaim bahwa 4G LTE nya mencapai 150 Mbps (megabit perdetik) dan 4G LTE advance nya mampu mencapai 300 Mbps. Sedangkan XL untuk kecepatan 4G LTE nya mencapai 100 Mbps.

Tetapi jangan disalah artikan mengenai kecepatan dalam satuan Mbps. Sebab Mbps (mega bit) dengan MBps (mega byte) keduanya berbeda. Dari cara penulisannya ( huruf b ) pun berbeda.

1 KB (kilo byte) = 8 Kb (kilo bit), 1 MB (mega byte) = 8 Mb (mega bit). Berarti kalau misalnya 300 Mbps (Mega bit perdetik) adalah sama dengan 37.5 MBps (Mega Byte perdetik).

Jangan kaget kalau misalnya anda mendownload video berukuran 300 MB tetapi membutuhkan waktu lebih dari satu detik dan anda merasa tidak sesuai dengan kecepatan yang dikatakan oleh operator selulernya. Tetapi itu keliru, sebab operator mengklaim kecepatan 4G nya dalam satuan Mbps (Mega bit perdetik) dan bukan MBps (Mega Byte perdetik).

Bila anda merasa kecepatan internet hp smartphone atau tablet android anda lemot. Anda bisa mencoba menggunakan 'Aplikasi penguat sinyal android 2G, 3G dan 4G' yang saya rekomendasikan.

Bagi masyarakat wilayah karawang bila ingin menikmati layanan jaringan 4G, anda bisa mencobanya dengan menggunakan layanan operator seluler smartfren untuk saat ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 April 2016 pukul 21.38 delete

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon