Makanan indonesia yang mahal di luar negeri

11.59.00

Indonesia memang memiliki banyak jenis kuliner yang tersebar dipelosok nusantara. Ada beberapa makanan indonesia yang sudah mendunia dan disukai bule-bule di luar negeri. Tetapi pada kesempatan ini saya akan memberikan daftar makanan indonesia yang mahal dan terkenal di luar negeri. Jenis makanan ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita orang indonesia dan anda mungkin juga sering mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah jenis makanan indonesia yang di jual mahal di luar negeri.


1. Gado-gado.




Jenis makanan indonesia ini sangat familiar di telinga kita. Yap...Gado-gado. Gado-gado adalah makanan yang berasal dari Jawa. Dengan komposisi berupa sayur-sayuran yang direbus serta kentang yang dicampur jadi satu dengan bumbu kacang tanah. Bisa ditambah dengan irisan telur rebus juga. Harganya cukup murah di indonesia, cuma antara Rp 10.000-12.000 perporsi. Namun, di New york, Amerika Serikat, harga untuk seporsi gado-gado bisa mencapai USD 10 atau setara dengan Rp 150.000.


2. Pecel lele.




Pecel lele atau pecak lele atau lalapan lele sebenarnya adalah makanan khas dari jawa tengah. Tetapi siapa sangka ternyata jenis makanan indonesia ini bisa mencapai harga Rp 225.000 atau sekitar 15 euro di negara swiss. Padahal seporsi pecel lele di indonesia hanya sekitar Rp 13.000 . Beruntunglah bagi anda yang bisa menyantap pecel lele dengan harga hanya Rp 13.000 .


3. Sate ayam.




Sate ayam adalah makanan yang berasal dari Jawa, indonesia , tetapi sudah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Ternyata Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, danThailand. Sate ayam biasa kita beli dengan harga Rp 10.000 s/d belasan ribu rupiah. Sedangkan harga satu porsi sate ayam di jerman dijual dengan harga 10 euro atau sekitar Rp. 150.000


4. Tempe.


Siapa tak kenal tempe, makanan sehari-hari yang terbuat dari fermentasi kedelai ini banyak dikonsumsi diIndonesia, tetapi sekarang telah mendunia terutama kaum vegetarian yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Di indonesia tempe dijual dengan harga Rp 2.000/3.000 perpotong, tetapi lain halnya jika di Eropa. Harga tempe di sana bisa mencapai 1,8 Euro atau setara dengan Rp 27.000.


5. Mi instan.




indonesia adalah negara produsen mi instan terbesar didunia. Lain halnya dengan jepang yang merupakan negara yang penduduknya berada diurutan ketiga mengkonsumsi mi instan terbanyak didunia setelah korea dan indonesia. Apakah anda tahu harga mi instan di tokyo, jepang? Harganya 85 yen atau Rp 10.700, sedangkan di indonesia.....?


6. Pisang Goreng.




Di Indonesia mudah sekali ditemui penjual gorengan yang menjual bakwan, tahu goreng, pisang goreng dan lain-lain. Dengan uang Rp 1.000 kita sudah dapat membeli sebuah pisang goreng. Tetapi kalau di Belanda, harga satu pisang goreng bisa mencapai 5 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 75.000. 


7. Bika Ambon.




Kue ini kue tradisional yang dikenal dengan sebutan oleh-oleh khas Medan. Umumnya dijual dengan rasa pandan dan bisa dibeli dengan harga Rp 23.000–28.000 untuk yang ukuran kecil. Sedangkan di luar negeri  eropa, harga bika ambon bisa mencapai EUR 8,5 atau Rp 127.000/600 gram.


8. Nasi goreng.




Paling enak disantap pada malam hari dengan harga rata-rata Rp 10.000. Berbeda dengan indonesia, nasi goreng dijual di amerika serikat dengan harga USD 10 atau sekitar Rp 132.000.


9. Bakso.




Bakso dibuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka atau aci. Bakso berasal dari china dan mengalami perubahan ketika diolah oleh orang indonesia yang menggunakan daging sapi, bukan daging babi. Bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Harga semangkuk bakso di Indonesia berada dikisaran Rp 10.000. Lain halnya dengan di Singapura, di sana semangkuk bakso bisa dibandrol dengan harga SGD 5 atau sekitar Rp 50.000.


10. Soto ayam.




Hanya dengan uang Rp 12.000–15.000, anda sudah bisa menikmati jenis makanan yang satu ini.  Tetapi jangan kaget jika mendapati harga soto ayam ini di Belanda atau Jerman. Di sana, harga seporsi soto ayam cukup mahal  bisa mencapai hingga 12 Euro atau sekitar Rp 180.000.

Bila anda ingin ber wisata ke luar negeri maka artikel blog tentang makanan indonesia yang mahal di luar negeri ini diharapkan sedikit banyaknya bisa menjadi bekal pengetahuan yang bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon