Green canyon mini karawang

01.42.00




Sebenarnya letak geografis dari lokasi wisata green canyon karawang ini terletak di dua kabupaten yaitu karawang dan bogor. Lokasi ini berada di Kampung ciomas Desa Medal Sari Kec. Pangkalan kab karawang yang berbatasan dengan desa cikutamahi kab bogor. Sebelum di kenal sebagai Green Canyon Mini, dahulu lokasi wisata ini dikenal dengan nama Curug Ciomas. Ada beberapa curug yang mengalir ke lokasi yang berada di kaki gunung sanggabuwana ini diantaranya adalah yang paling atas yaitu Curug Panganten, Curug Lalay, Curug Dempet, dan Curug Pariu. Tetapi sebenarnya masih ada curug lain yang berada diatas curug panganten yang juga menarik tetapi dengan lokasi yang sulit untuk dapat di kunjungi.




Obyek wisata Green Canyon mini karawang ini mirip dengan Green Canyon Cijulang Batu Karas Pangandaran. Hal ini bisa dilihat dari batu-batu yang terletak dipinggir sungai, aliran sungai yang tampak hijau, benar-benar mirip. Yang berbeda yaitu luasnya, Green Canyon Batu Karas lebih luas makanya kawasan ini dinamakan Green Canyon Mini.

Green canyon ciomas ini lebarnya sekitar 3 meter dan kedalaman air nya sekitar 5 meter. Yang diapit dengan bebatuan di pinggirnya, yang berkelok-kelok dan pengunjung harus berenang agar bisa melihat keindahan curug. Jika kita mempunyai banyak waktu, kita bisa mengunjungi beberapa curug yang mengalir ke kawasan Green Canyon Mini. Benar-benar indah ciptaan sang maha kuasa ,Allah swt ,yang harus dilestarikan dan dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar khususnya pemerintah daerah karawang .

Lokasi green canyon mini ini berjarak sekitar 40 km dari karawang kota atau sekitar 2 jam perjalanan. Akses jalan ada beberapa titik yang mulus, dan ada juga yang mengalami kerusakan, begitu juga sarana prasarana yang masih banyak kekurangan. Tetapi hal ini tidak menyurutkan niat berkunjung para wisatawan lokal yang datang setiap minggu hingga mengalami kenaikan pengunjung setiap bulannya. Jalan cukup sempit, sehingga menyulitkan warga untuk parkir. Bahkan jalan hanya cukup untuk 1 kendaraan di beberapa titik tertentu.






Mengenai tarif? belum dikenakan tarif masuk secara khusus, karena belum ada pengelolaan secara khusus. Warga sekitar hanya mengenakan parkir kendaraan dan sewa pelampung untuk bisa menyusuri curug ini. Biaya untuk bayar parkir, sewa pelampung dan pemandu dipatok sebesar Rp 25 Ribu. Sedangkan untuk sewa pelampung saja sebesar Rp 10 rb. Tetapi bisa saja harga sewa berubah sewaktu-waktu seiring dengan hari liburan sekolah yang tentu saja membuat lokasi green canyon mini karawang ini semakin di padati pengunjung.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Arifin Alieya
29 Desember 2015 pukul 15.00 delete

wow, nice post gan, kunbal jangan lupa.

Reply
avatar
Game Komplit
29 Desember 2015 pukul 15.04 delete

Pasti seru ya. Oh iya fol sukses jangan lupa folbak dan komenbak

Reply
avatar
Anoref
29 Desember 2015 pukul 15.17 delete

@Arifin Alieya, sip dah...siap ke tkp

Reply
avatar
Anoref
29 Desember 2015 pukul 15.18 delete

@Game Komplit, ok trims..ntar ane follback

Reply
avatar
REZ N RESPECT
3 Januari 2016 pukul 09.12 delete

Ya kapan-kapan kesana, ya kalo ke sampean..

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan komentar dari pembaca artikel ini untuk kemajuan blog ini. Berkomentarlah sesuai isi artikel dan bukan spam. EmoticonEmoticon